ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK “SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG”
ANALISIS KEBUTUHAN
PERANGKAT LUNAK
“SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG”
Oleh :
Tim “Cringe Squad”
Ade Irma (01)
Annisa Dwi Falita (06)
Riska Nur Kholis (28)
Tijan Munir Wijaya (33)
Deskripsi Sistem
System ini
dinamakan “system pengiriman barang” yang akan dijalankan oleh sebuah
perusahaan yang memiliki kantor cabang. Setiap paket harus dilengkapi identitas
untuk memudahkan dalam pengiriman ke alamat tujuan. Perusahaan ini memiliki
jenis paket: expres, kilat, biasa. Setiap
bulan perusahaan membutuhkan laporan untuk mengetahui kinerja perusahaan.
Tahapan – Tahapan Analisis Kebutuhan
1. Identifikasi Masalah
Mempelajari dan memahami
persoalan
a.
Penggunanya berupa orang orang
yang turut serta menggunakan online shop, atau sekedar megirimkan barang kepada
kerabat.
b.
Perangkat lunak ini digunakan
oleh perusahaan “Cringe Express” selaku perusahaan pengiriman jasa
c.
Perangkat lunak ini sangat membantu
pekerjaan pengiriman paket pada online shop, karena online shop biasanya
mencakup dalam Kawasan yang luas
d.
Perangkat lunak ini mencakup
semua orang yang akan mengirimkan barang ke suatu tempat yang jaraknya jauh.
e.
Kendala bisa saja di sebabkan
karena kesalahan penulisan data pengiriman (terutama alamat), barang yang rusak
yang menyebabkan klien complain, banyaknya barang yang harus dikirim akan
mempengaruhi keterlambatan pengiriman.
2. Evaluasi dan sintesis
Mengidentifikasi kebutuhan
pemakai
1.
Fungsi perangkat lunak:
1.
Memudahkan pendataan pengiriman
barang
2.
Memudahkan pengguna dalam mengecek
paketnya sudah sampai mana
2.
Data atau informasi yang akan
diproses yaitu:
1.
Nomor
Pengiriman
2.
Jenis
paket (ekspress, kilat, biasa)
3.
berat
bungkusan
4.
nama
pengirim
5.
alamat
pengirim
6.
nama
penerima
7.
tujuan
penerima
8.
tanggal
pengiriman
9.
jenis
paket
10.
berat
paket
11.
Jauh
dekatnya alamat tujuan dari kantor cabang
3.
Kelakuan perangkat lunak
Bisa mengantarkan barang yang akan dikirim kepada
penerima dengan tepat waktu tergantung jauh dekatnya tempat tujuan yang dituju
4.
Antarmuka apa yang tersedia
1.
Software
-
ODBC (Open DataBase
Connectivity)
-
sublime
-
chrome
-
xampp
2.
Hardware
-
Monitor
-
Keyboard
-
Mouse
-
Wifi
3.
User interface
-
Software Develoment
-
Pemilik perusahaan
-
Pengguna sistem
3. Pemodelan
Mendefinisikan kebutuhan
perangkat lunak
a.
Kebutuhan Fungsional
Perusahaan kami bisa mengirim barang kepada penerima
dengan tepat waktu dan sesuai dengan alamat yang dituju.
b.
Kebutuhan Antarmuka
Perangkat yang digunakan untuk menginput data yaitu PC
(monitor,CPU,keyboard, dan mouse) Akses ke basisdata menggunakan ODBC.
c.
Kebutuhan Untuk Kerja
Perangkat lunak harus bisa digunakan oleh multiuser, menyimpan data
untuk pengiriman barang, mempunyai
desain yang menarik agar banyak pengguna
yang berminat.
Comments
Post a Comment