ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK “SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG”


Gambar terkait
ANALISIS KEBUTUHAN
PERANGKAT LUNAK
“SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG”

Oleh :
Tim “Cringe Squad”
Ade Irma (01)
Annisa Dwi Falita (06)
Riska Nur Kholis (28)
Tijan Munir Wijaya (33)


Deskripsi Sistem
System ini dinamakan “system pengiriman barang” yang akan dijalankan oleh sebuah perusahaan yang memiliki kantor cabang. Setiap paket harus dilengkapi identitas untuk memudahkan dalam pengiriman ke alamat tujuan. Perusahaan ini memiliki jenis paket: expres, kilat, biasa. Setiap bulan perusahaan membutuhkan laporan untuk mengetahui kinerja perusahaan.
Tahapan – Tahapan Analisis Kebutuhan
1.       Identifikasi Masalah
Mempelajari dan memahami persoalan
a.       Penggunanya berupa orang orang yang turut serta menggunakan online shop, atau sekedar megirimkan barang kepada kerabat.
b.       Perangkat lunak ini digunakan oleh perusahaan “Cringe Express” selaku perusahaan pengiriman jasa
c.       Perangkat lunak ini sangat membantu pekerjaan pengiriman paket pada online shop, karena online shop biasanya mencakup dalam Kawasan yang luas
d.       Perangkat lunak ini mencakup semua orang yang akan mengirimkan barang ke suatu tempat yang jaraknya jauh.
e.       Kendala bisa saja di sebabkan karena kesalahan penulisan data pengiriman (terutama alamat), barang yang rusak yang menyebabkan klien complain, banyaknya barang yang harus dikirim akan mempengaruhi keterlambatan pengiriman.

2.       Evaluasi dan sintesis
Mengidentifikasi kebutuhan pemakai
1.       Fungsi perangkat lunak:
1.       Memudahkan pendataan pengiriman barang
2.       Memudahkan pengguna dalam mengecek paketnya sudah sampai mana
2.       Data atau informasi yang akan diproses yaitu:
1.       Nomor Pengiriman
2.       Jenis paket (ekspress, kilat, biasa)
3.       berat bungkusan
4.       nama pengirim
5.       alamat pengirim
6.       nama penerima
7.       tujuan penerima
8.       tanggal pengiriman
9.       jenis paket
10.   berat paket
11.   Jauh dekatnya alamat tujuan dari kantor cabang

3.       Kelakuan perangkat lunak
Bisa mengantarkan barang yang akan dikirim kepada penerima dengan tepat waktu tergantung jauh dekatnya tempat tujuan yang dituju

4.       Antarmuka apa yang tersedia
1.       Software
-          ODBC (Open DataBase Connectivity)
-          sublime
-          chrome
-          xampp
2.       Hardware
-          Monitor
-          Keyboard
-          Mouse
-          Wifi
3.       User interface
-          Software Develoment
-          Pemilik perusahaan
-          Pengguna sistem
3.       Pemodelan
Mendefinisikan kebutuhan perangkat lunak
a.       Kebutuhan Fungsional
Perusahaan kami bisa mengirim barang kepada penerima dengan tepat waktu dan sesuai dengan alamat yang dituju.
b.       Kebutuhan Antarmuka
Perangkat yang digunakan untuk menginput data yaitu PC (monitor,CPU,keyboard, dan mouse) Akses ke basisdata menggunakan ODBC.
c.       Kebutuhan Untuk Kerja
Perangkat lunak harus bisa digunakan oleh multiuser, menyimpan data untuk pengiriman barang,  mempunyai desain  yang menarik agar banyak pengguna yang berminat.

Comments

Postingan Populer