Konsep w.w.w


Gambar terkait
Ditemukan oleh tim berners lee pada tahun 1991
W.W.W
World Wide Web
adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.[2] WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet.[3] Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambarsuaravideo dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satumelalui jaringan Internet.[3] Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

WWW merupakan kombinasi dari 4 ide dasar
  1. Hypertext
Adalah kemampuan untuk bergerak dari satu bagian dari dokumen ke bagian lain atau dari satu dokumen ke yang lain melalui koneksi internal pada dokumen tersebut (“hyperlinks”).

  1. Resource Identifier
Adalah kemampuan dalam jaringan computer untuk melokasikan sebuah sumber (baik itu computer, dokumen atau sumber lain) pada jaringan melalui pengenal yang unik.

  1. Client Server
Adalah proses request dari software client atau computer klien ke software server atau computer server dimana server menyediakan kebutuhan klien berupa sumber atau layanan seperti data atau file.

  1. Markup Language
Adanya karakter atau kode yang ditempelkan ke text membuat computer menjalankan fungsi/perintah untuk bagaimana melakukan print atau menampilkan text, seperti adanya tipe tulisan tebal atau miring.

Bagaimana Web Bekerja ?
Akses Web Page -> mengetikan URL, atau dengan mengikuti link Hypertext
  1.  Langkah pertama, behind the scenes, untuk nama server yang merupakan bagian dari URL harus diubah menjadi IP addres global, pada database internet yang dikenal dengan Domain name system atau DNS.
  2. Langkah berikutnya adalah mengirimkan request HTTP ke server web pada alamat IP dari halaman yang dibutuhkan. Pada kebanyakan halaman web, text, HTML, grafik dan file yang lain yang merupakan bagian dari halaman web akan di request dan dikembalikan ke klien(web browser) dengan cepat.

Web dibentuk dari 3 standar
Ø  Uniform Resource Identifier (URI)
Mengarahkan resource yang ada di web, seperti halaman   web :
            - Uniform Resource Locator (URL) -> http://www.google.com/
- Uniform Resource Name (URN) -> urn:ISBN 0-395-36341-1 -
Ø  Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Bagaimana browser dan server saling berkomunikasi.
Ø  Hypertext Markup Language (HTML)
            Mendefinisikan struktur dan konten dari dokumen hypertext.

Comments

Postingan Populer